Kamis, 30 Mei 2024 Reporter: Aldi Geri Lumban Tobing Editor: Erikyanri Maulana 733
(Foto: Istimewa)
Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) menggelar Jakarta Internasional Travel Fair dalam kegiatan half-marathon, 20 KM de Bruxelles di Belgia pada 26 Mei 2024.
Partisipasi Indonesia dan Jakarta pada kegiatan ini dalam rangka memperingati 75 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Belgia. Pertimbangan lainnya yakni jumlah peserta pada event tersebut.
Kepala Dinas Parekraf DKI Jakarta, Andhika Permata mengatakan, tren berolahraga sambil berwisata yang kini populer dengan istilah sport tourism menjadi awal yang baik bagi Jakarta dengan mendorong masyarakat untuk lebih sadar akan pola hidup sehat.
Ia menilai, banyaknya peminat membuktikan bahwa sport tourism telah menjadi tren pariwisata baru yang memiliki pasar sangat besar dan luas serta memberikan multiplier effect pada kegiatan ekonomi masyarakat.
“Event tersebut relatif berlangsung lama dan mendatangkan banyak wisatawan termasuk atlet dan pengunjung sehingga permintaan kebutuhan akomodasi seperti hotel, restoran dan penyelenggara perjalanan menjadi tinggi,” ujar Andhika, Kamis (31/5).
Menurutnya, kegiatan tersebut menjadi kesempatan yang baik untuk mempromosikan event berskala internasional yang akan dilaksanakan di Jakarta yakni Jakarta International Marathon (JAKIM).
Ia menyampaikan, keikutsertaan Pemprov DKI Jakarta pada acara ini juga menjadi bagian dari upaya memperkenalkan Jakarta sebagai destinasi sport tourism, leisure dan tuan rumah event Internasional kelas dunia sekaligus mempromosikan event BTN Jakarta International Marathon 2024 mendatang.
“Jakarta memiliki sebuah event berskala internasional yang bernama Jakarta International Marathon yang rencananya akan dilaksanakan pada 23 Juni 2024 untuk memperingati HUT ke-497 Kota Jakarta. Berkaitan dengan event ini, Pemprov DKI Jakarya melaksanakan promosi atau branding terkait event dimaksud pada 20 km de Bruxelles 2024,” kata Andhika.
Kepala Bidang Pemasaran dan Atraksi Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta, Sherly Yuliana menjelaskan, partisipasi pada kegiatan 20 KM de Bruxelles yakni dengan membangun booth Jakarta seluas 25 meter persegi.
Dinas Parekraf DKI Jakarta juga mengirimkan dua pasang Abang None Jakarta sebagai peserta lari sekaligus branding dengan membawa bendera JAKIM. Mereka juga memberikan informasi mengenai JAKIM pada pengunjung booth.
Selain promosi destinasi wisata, melalui theme park terbesar di Indonesia yakni PT Taman Impian Jaya Ancol dan Dunia Fantasi, juga program Jakarta Tourist Pass dari PT Bank DKI turut diperkenalkan dalam event 20 km de Bruxelles ini.
“Selain itu, rangkaian kegiatan laiinya yakni pemberian merchandise JAKIM bagi yang mendaftar langsung di lokasi, kuis bagi pengunjung oleh Abnon sebagai crowd puller, tampilan penari dan pemusik Betawi, promosi event JAKIM dan destinasi wisata Jakarta lainnya pada booth Pemprov DKI Jakarta,” tandas Sherly.