Pemprov DKI Gelar Raker FKD-MPU ke-24

Jumat, 17 Mei 2024 Reporter: Budhi Firmansyah Surapati Editor: Budhy Tristanto 734

Pemprov DKI Gelar Raker FKD-MPU ke-24

(Foto: Budhi Firmansyah Surapati)

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar kegiatan Rapat Kerja Forum Kerjasama Daerah Mitra Praja Utama (FKD-MPU) ke-24 di Hotel Borobudur, Gambir, Jakarta Pusat. Kegiatan dihadiri perwakilan 10 provinsi anggota MPU.

 B erharap TPID provinsi anggota FKD-MPU dapat merumuskan kebijakan bersama 

Kepala Biro Kerja Sama Daerah Setda Provinsi DKI Jakarta, Marulina Dewi menjelaskan, anggota MPU terdiri dari provinsi Jawa timur, Jawa Barat, Banten, Lampung, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur dan DKI Jakarta.

"Pertemuan akan menetapkan prioritas program anggota MPU 2025-2029 dan kerja sama program 2025. Lalu, merumuskan usulan kebijakan untuk direkomendasikan ke pemerintah pusat," katanya, Jumat (17/5).

Dijelaskan Marulina, kegiatan FKD MPU ini berisi serangkaian diskusi panel dan sidang untuk merumuskan kesepakatan. Sebagai tindaklanjut, ke depan akan segera dilakukan rapat gabungan SKPD dari 10 provinsi anggota FKD-MPU di Jawa Barat.

Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, Agus Joko Setyono berharap, FKD MPU ke 24 ini bisa menrusmuskan sinergi dalam membangun tatakelola pemerintahan yang baik dan ketahanan pangan berkelanjutan.

"Saya berharap TPID provinsi anggota FKD-MPU dapat merumuskan kebijakan bersama dalam menanggulangi isu ketahanan pangan, mengingat sebagian besar anggota FKD- MPU memiliki kontribusi besar dalam menyediakan stok kebutuhan pangan nasional," ujarnya.

Agus Joko menambahkan, Pemprov DKI Jakarta juga tengah merapikan adminsitrasi kependudukan agar bisa menghasilkan data kependudukan yang valid.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta, lanjut Agus Joko. masih terus melakukan penyisiran data KTP DKI warga yang sudah berpindah domisili ke luar daerah.

Ditegaskan Agus Joko, penyisiran data ini penting untuk menjadikan dokumen administrasi kependudukan (Adminduk) sebagai basis dalam penerapan beragam program bantuan sosial seperti KJP, subsidi pangan dan subsidi transportasi.

"Hasil dari penyisiran Dukcapil akan menghasilkan data tepat sasaran bagi penerima manfaat bantuan, serta efektif dan efesien dalam penganggaran," tukasnya.

Agus Joko juga menyampaikan sejumlah rekomendasi terkait adminitrasi kependudukan, di antaranya peniadaan proses persetujuan Flag K (Freeze) data penduduk oleh Kementerian Dalam Negeri. Hal itu mempertimbangkan data tersebut adalah hasil laporan Lurah dan petugas di lapangan.

Kemudian, ketentuan tambahan mengenai jaminan tempat tinggal, pekerjaan, dan keahlian atau keterampilan bagi calon warga pendatang. Lalu jika pendatang tidak memenuhi ketentuan tambahan dimaksud, maka penjamin bertanggungjawab memulangkan pendatang ke daerah asal serta dalam satu alamat tempat tinggal, hanya diperbolehkan memiliki maksimal 3 (tiga) Kartu Keluarga (KK).

BERITA TERKAIT
Hadapi MEA, Forum MPU Bicarakan Kedaulatan Pangan

Kerja Sama MPU Tekankan Pentingnya Kedaulatan Pangan

Kamis, 27 November 2014 4963

rapat rakernas hotel borobudur

DKI Siap Jadi Investor Pembangunan Bandara di Karawang

Kamis, 27 November 2014 4962

 Anggota FKD-MPU Sepakati Kerja Sama Tanggap Bencana

Anggota FKD-MPU Sepakati Kerja Sama Tanggap Bencana

Rabu, 27 Maret 2019 1937

BERITA POPULER
Pemkot Jakut Bantu Perketat Pengawasan Rusunawa Marunda

Pemkot Jakut Bantu Perketat Pengawasan Rusun Marunda

Jumat, 21 Juni 2024 468516

Dishub Gandeng Waze Luncurkan Fitur Navigasi Ganjil Genap

Dishub Gandeng Waze Luncurkan Fitur Navigasi Ganjil Genap

Kamis, 19 Oktober 2017 307252

90 Sanggar Betawi Belum Punya Badan Hukum

90 Sanggar Betawi Belum Punya Badan Hukum

Jumat, 10 Juli 2015 285065

 Libur Natal, 36.871 Pengunjung Padati TMII

TMII Dipadati Pengunjung

Jumat, 25 Desember 2015 283962

 4500 Warga Ramaikan Karnaval KBT

Karnaval KBT Dipadati Ribuan Warga

Minggu, 30 Agustus 2015 282636

Bagikan ke :
BANG JAKI +indeks
POTRET JAKARTA +indeks
VIDEO +indeks