Senin, 04 Maret 2024 Reporter: Aldi Geri Lumban Tobing Editor: Erikyanri Maulana 7228
(Foto: Istimewa)
Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta bersinergi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia berpartisipasi dalam penyelenggaraan kegiatan National Association of Travel Agents Singapore (NATAS) Travel Fair 2024 yang berlangsung pada 1 sampai 3 Maret 2024
di Singapura Expo Hall 4 dan 5 A.DKI Jakarta merupakan satu dari tujuh provinsi di Indonesia yang turut serta dalam event tahunan ini. Booth Wonderful Indonesia diisi oleh 26 pelaku industri pariwisata Indonesia yang terdiri dari Provinsi Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Banten, DKI Jakarta, Jawa Timur, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Bali.
Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, Andhika Permata mengatakan, partisipasi dalam ajang kegiatan NATAS 2024 merupakan sasaran kegiatan yang tepat. Menurutnya, dalam target capaian wisatawan mancanegara tahun 2024 sejumlah 9,5 sampai 14,3 juta kunjungan dan wisatawan asal Singapura menduduki posisi ke-2 sebagai salah satu penyumbang wisatawan manca negara ke Indonesia (Inbound)
"Keikutsertaan DKI Jakarta dalam event NATAS 2024 sudah sangat tepat untuk terus menjadi pemantik wisatawan mancanegara utamanya dari Singapura ke Jakarta, selain itu wisman terbesar ke Jakarta dari Singapura pada tahun 2023 berada di posisi nomor dua," ujar Andhika, Senin (4/3).
Kepala Bidang Pemasaran dan Atraksi Dinas Parekraf DKI Jakarta, Sherly Yuliana menjelaskan, keikutsertaan DKI Jakarta pada kegiatan ini menjadi wadah yang tepat untuk dapat memperluas jalinan kerja sama dengan partner local agent Singapore.
Selain itu, kegiatan ini mendukung promosi destinasi wisata unggulan Jakarta yaitu Wisata Urban dan Digital Nomad Island di Kepulauan Seribu sebagai fokus utama untuk menarik wisatawan dengan berinteraksi secara langsung terhadap partisipasi negara lainnya yang mengikuti kegiatan NATAS.
"Ini momen yang tepat bagi DKI Jakarta untuk terus mempromosikan Jakarta di event Internasional, khususnya di Asia Tenggara. Banyak destinasi wisata yang layak dipromosikan dalam event tersebut seperti, Pulau Seribu dan sebagai destinasi MICE," kata Sherly.
Adapun perwakilan dari Dinas Parekraf DKI Jakarta antara lain Abang None Jakarta yang turut aktif mempromosikan di Pavilion Wonderful Indonesia dan panggung utama NATAS. Dukungan lainnya datang dari PT Bank DKI, PT Pembangunan Jaya Ancol TBK dan Hotel Pullman Jakarta Central Park.
Bank DKI akan mempromosikan destinasi DKI Jakarta melalui Jakarta Tourist Pass – JakOne Pay yang merupakan solusi digital berbasis kartu elektronik dan aplikasi (JakOne Pay Bank DKI) yang dapat diunduh guna mempermudah para wisatawan dalam mengakses destinasi populer, transportasi, dan layanan pariwisata lainnya di Jakarta.
Wisatawan dapat mengunduh melalui aplikasi Jakarta Tourist Pass – JakOne Pay, masyarakat yang berwisata di Jakarta, semakin dimudahkan dengan JakCard Bank DKI yang dapat digunakan untuk kebutuhan tiket transportasi seperti KRL Commuter Line, Transjakarta, MRT Jakarta, LRT Jakarta, hingga LRT Jabodetabek.
Taman Impian Jaya Ancol dengan lokasi yang sangat strategis sebagai tempat wahana hiburan keluarga sekaligus memiliki tempat pertemuan sebagai kegiatan MICE dan kawasan yang dekat Pantai sebagai destinasi yang sering dikunjungi.
NATAS Travel 2024 juga dimeriahkan dengan doorprize bagi para consumers yang membeli paket wisata dan menikmati penyajian kopi secara langsung yang disediakan oleh barista dari Oddity Coffee.
Proses kegiatan transaksi hanya dilakukan oleh agen lokal Singapura di antaranya Singa Tours, Zoom Travel dan Flamingo Tours. Peserta industri Indonesia wajib mengisi form transaksi yang diperoleh setiap harinya untuk mengukur keberhasilan upaya promosi pada kegiatan NATAS Travel Fair 2024.