Kamis, 22 Februari 2024 Reporter: Aldi Geri Lumban Tobing Editor: Budhy Tristanto 10541
(Foto: Istimewa)
Torehan apik disematkan PT Bank DKI pada awal tahun ini, dengan menyabet dua penghargaan di ajang Indonesia Business Innovation Forum 2024.
Pada perhelatan yang digelar media The Iconomics ini, Bank DKI meraih penghargaan untuk kategori Indonesia’s 20 Top Digital Financial Brands Awards 2024 dan Top Sharia Business Unit in Regional Bank Category.
Direktur Ritel dan Syariah Bank DKI, Henky Oktavianus, menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada pemegang saham, nasabah dan seluruh mitra kerja yang terus memberikan kepercayaan atas produk dan layanan perbankan dari Bank DKI.
“Kami senantiasa beradaptasi dan
berinovasi menghadirkan berbagai produk dan layanan digital. Salah satunya dengan produk unggulan kami yaitu JakOne Mobile yang merupakan super apps yang menghadirkan mobile banking dan mobile wallet untuk memenuhi kebutuhan transaksi harian nasabah,” ungkap Henky, Kamis (22/2).Henky menambahkan, pihaknya juga turut berinovasi dari sisi perbankan syariah dalam mengembangkan produk dan layanan. Ini dibuktikan dengan Unit Usaha Syariah Bank DKI yang telah menerapkan Dual Banking Leverage Model (DBLM).
Dijelaskan Henky, DBLM memungkinkan nasabah yang menghendaki produk dan layanan dengan skema syariah dapat melakukan transaksi di seluruh kantor cabang, termasuk kantor cabang konvensional.
Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Arie Rinaldi menambahkan, upaya pengembangan produk dan layanan berbasis digital yang dilakukan di antaranya dengan elektronifikasi pembayaran secara terintegrasi pada moda transportasi, tempat wisata kelolaan Pemprov DKI, pembayaran pasar kelolaan Perumda Pasar Jaya, hingga berbagai kolaborasi dengan BPD, BUMD dan entitas lainnya.
“Berdasarkan laporan periode Desember 2023 tercatat jumlah pengguna aplikasi JakOne Mobile mencapai 2,23 juta orang, dengan volume transaksi sebesar 29,62 juta transaksi dan nominal transaksi sebesar Rp 30,63 triliun,” papar Arie.
Selain itu, Bank DKI memperkenalkan Jakarta Tourist Pass di penghujung tahun lalu, yang merupakan solusi digital berbasis kartu elektronik (JakCard Bank DKI) dan aplikasi (JakOne Pay Bank DKI) yang dapat digunakan untuk mempermudah wisatawan dalam mengakses layanan pariwisata di Jakarta.
“Pengembangan produk dan layanan berbasis digital dilakukan, guna memperluas aksesibilitas keuangan masyarakat, serta upaya mendorong peningkatan daya saing perusahaan untuk terus tumbuh berkelanjutan,” tutup Arie.
Untuk diketahui, penentuan pemenang Indonesia’s 20 Top Digital Financial Brands Awards 2024 dilakukan melalui tiga tahap penilaian yaitu, Focus Group Discusscion, Online Quatitative Survey dan Penilaian, termasuk metode survey online yang melibatkan hingga lebih dari 10.000 responden di sepuluh kota besar di Indonesia.
Sedangkan untuk predikat Top Sharia Business Unit in Regional Bank Category, ditentukan melalui penilaian kinerja keuangan dengan pembobotan neraca keuangan sebesar 60 persen dan laporan laba rugi serta penghasilan komprehensif sebesar 40 persen.