Senin, 14 November 2022 Reporter: Folmer Editor: Erikyanri Maulana 1949
(Foto: Folmer)
Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Sudin Parekraf) Jakarta Pusat menggelar bimbingan teknis (bimtek) pengembangan kewirausahaan bertema Digital Marketing, Strategi Pemasaran Produk UMKM. Bimtek yang digelar selama dua hari ini diikuti puluhan pelaku UMKM binaan.
Kepala Sudin Parekraf Jakarta Pusat, Shinta Nindyawati mengatakan, bimtek digelar dalam rangka program wirausaha terpadu untuk membentuk pelaku wirausaha baru mandiri.
"Bimtek bertema digital marketing digelar bertujuan menambah wawasan para wirausaha baru mengenal pengembangan usaha sehingga berpengaruh terhadap peningkatan penghasilan bagi pelaku UMKM," ujar Shinta Nindyawati, Senin (14/11).
Ia memaparkan, strategi digital marketing perlu dilakukan untuk memudahkan para pelaku UMKM memasarkan produk kepada masyarakat.
"Kami mengajarkan peserta seputar fotografi, pengenalan media sosial seperti Istagram, TikTok untuk prinsip produk cepat dan murah dengan cukup menggunakan telepon seluler," paparnya.
Ia mengungkapkan, pihaknya juga akan memberikan pendampingan bagi wirausaha baru binaan Sudin Parekraf Jakarta Pusat untuk mengurus perizinan usaha hingga mengajukan permodalan usaha ke perbankan.
"Alhasil, wirausaha baru terus bertambah di Jakarta Pusat. Bertambah melalui program wirausaha terpadu," ungkapnya.
Sementara pelaku UMKM binaan Sudin Parekraf Jakarta Pusat, Yudi menambahkan, bimtek ini sangat membantu dirinya untuk pengembangan melalui digital marketing.
“Kami menjadi paham konsep pengembangan usaha melalui digital marketing ke depannya. Apa saja yang dibutuhkan sehingga ke depan usaha UMKM yang dirintis terus berkembang," tandasnya.